Hetalia: Axis Powers - Taiwan

Baris Video

Loading...

Jumat, 23 Oktober 2015

Belajar Bahasa Jepang Untuk Pemula

Konnichiwa minnaaaaaaa!!
Assalamualaikum wr. wb
Ogenki desuka? Genki dewa arimasen :3
Ya, karna di Sumatra sedang di selimuti oleh kabut asap dan banyak perokok aktif, gw jadi terserang flu dan agak batuk sedikit. Sori gw keknya jadi curhat yeaa? :3
Gw punya sedikit pengetahuan yang gw ketahui dari bahasa jepang. Dan sedikit juga kata-kata yang sering diucapkan para anime seperti yang gw jadiin favorit yaitu, di film "Code Breaker".
"Me Ni Wa Me Wo, Ha Ni Wa Ha Wo, Aku Ni Wa Aku Wo" yang artinya "Mata dibalas Mata, Gigi dibalas Gigi, dan Kejahatan dibalas Kejahatan"
Buat kamu gak bosen, liat dulu video ini. Sebenernya sihh, gak nyambung ya sama yang gw favoritin. hahahaha, gapapa lah yaa. Soalnya baru belajar.
Yaaaaa, kita langsung ajaa.
Sebelumnya kita harus mengetahui, bagaimana cara penulisan kata-kata dalam bahasa jepang.
Gw akan bagiin ke kalian, gimana bentuk-bentuk penulisannya.
Huruf penulisannya yaitu ada 2 macam, yaitu Hiragana dan Katakana. 
Sebenernya, gw juga gak terlalu bagus menulis dengan huruf hiragana dan huruf katakana. Hahahhaa.
Langsung aja cek nihh, 
Hahahaa, gw banyak basabasinya kali ya.

Kata Ganti :
Saya (Formal) = Watashi
Aku (cewe) = Atashi
Aku (cowo) = Boku
Gue (gaulnya) = Ore
Kami = Watashitachi, Bokutachi, Bokura, Atashitachi, Oretachi
Kamu = Anata, Kimi, Omae
Kamu sekalian = Anatagata, Kimitachi, Omaera
Dia = Aitsu
Dia (laki) = Kare, Karera (jamak)
Dia (prmpuan) = Kanojo, Kanojora (jamak)
Mereka = Aitsutachi
Ini = Kore, Kono, Korera (jamak)
Itu = Sore, Sono, Are/Ano(jauh), Sorera (jamak), Arera (jamak) 

Status Orang :
Adik (pr) = Imoto chan
Adik (lk) = Ototokun
Kakak (pr) = Onee - chan
Kakak (lk) = Onii - chan
Ibu = Oka-san/haha
Ayah = Otoo-san/chichi
Paman = Ojii-san
Bibi = Obaa-san
Sendirian = Hitori

*Akhiran :
  • San = Untuk normal, biasanya buat yang baru ketemu/belom akrab 
  • Chan = Untuk anak kecil atau untuk orang yang akrab
  • Kun = Untuk cowok
  • Han = Untuk logat kansai (kalo daksalah) 
Greeting atau Ucapan Selamat :
Selamat = Omedetou (gozaimasu)
Selamat ya! = Omedetou, ne!
Selamat Ulang Tahun = Tanjoubi Omedetou
Selamat Pagi! = Ohayou (gozaimasu)
Selamat Siang = Konnichiwa
Selamat Malam = Konbanwa
Selamat Tidur = Oyasumi Nasai
Selamat Datang = Youkoso, Itterasai
Selamat Tinggal = Sayonara
Selamat istirahat = Oyasumi (Nasai)
Selamat Datang = Okaeri (nasai)
Selamat Makan = Itadakimasu
Selamat Jalan = Itterashai
Sampai Jumpa Lagi = Mata Aimashou, Itte Mairimasu
Sampai Jumpa Besok = Mata Ashita
Sampai Jumpa Minggu Depan = Mata Raishu
Sampai Jumpa Lusa = Mata Asatte
Iya = Hai'
Tidak = Iie
Spadaaa = Gomen Kudasai
Permisi = Shitsureishimasu
Silahkan = Douzo
Apa Kabar? = Ogenki desuka?, O kigen ikaga desuka? (formal)
Maaf = Sumimasen, Gomen (nasai)
Terima Kasih = Doumo, Arigatou (gozaimasu)
Terima Kasih Kembali = Dou Itashimashite
Terima Kasih Untuk Hidangannya = Gochisousama deshita
Mohon Bimbingannya/Mohon Bantuannya = Yoroshiku Onegaishimasu
Saya Berangkat = Ittekimasu
Saya Pulang = Tadaima
Hati-hati di jalan = Itterasshai
Merasa nyaman = Kimochii

Angka :
1 = Ichi
2 = Ni
3 = San
4 = Shi/ yon (utk mnybt nmr tlpn)
5 = Go
6 = Roku
7 = Sichi/Nana
8 = Hachi
9 = Ku/ Kyuu
10 = Juu
11 = Juuichi
12 = Juuni
13 = Juusan
14 = Juushi/ juunana
20 = Nijuu
21 = Nijuuichi
22 = Nijuuni
30 = Sanjuu
31 = Sanjuuichi
40 = Shijuu
41 = Shijuuichi
50 = Gojuu
60 = Rokujuu
70 = Nanajuu
80 = Hachijuu
90 = Kujuu
100 = Hyaku
101 = Hyakuichi
110 = Hyakujuu
150 = Hyakujuugojuu
1.000 = Sen
1999 = Sen Kyuuhyaku kyuujuu kyuu
2.000 = Nisen
10.000 = Man/ Ichiman
1.000.000 = Hyakuman

Nama Hari :
Minggu = Nichiyoubi
Senin = Getsuyoubi
Selasa = Kayoubi
Rabu = Suiyoubi
Kamis = Mokuyoubi
Jumat = Kinyoubi
Sabtu =  Doyoubi

Keterangan Waktu :
Pagi = Asa
Menjelang Siang = Gozen
Siang = Hiru
Menjelang Sore = Gogo
Sore = Yuugata
Malam = Yoru/Ban
2 hari yang lalu = ototoi
Kemarin = Kinou
Hari ini = Kyou
Besok = Ashita
2 hari lagi = asatte
Dulu = Mukashi
Sekarang = Ima
Masa Depan = mirai/shorai
Minggu/ Pekan = Shuu
Minggu Depan = Rai Shuu

Tanggal :
Tanggal 1 = Tsuitachi
Tanggal 2 = Futsuka
Tanggal 3 = Mikka
Tanggal 4 = Yokka
Tanggal 5 = Itsuka
Tanggal 6 = Muika
Tanggal 7 = Nonoka
Tanggal 8 = Youka
Tanggal 9 = Kokonoka
Tanggal 10 = Toka
Tanggal 11 = Juuichi nichi
Tanggal 12 = Juuni ichi
Tanggal 14 = Juuyokka
Tanggal 19 = juukyuu nichi
Tanggal 20 = Hatsuka
Tanggal 21 = Nijuuichi nichi
Tanggal 23 = Nijuusan nichi
Tanggal 24 = Nijuuyokka
Tanggal 30 = Sanjuu nichi
Tanggal 31 = Sanjuuichi nichi

Nama Bulan :
Januari = Ichigatsu
Februari = Nigatsu
Maret = Sangatsu
April = Yongatsu/shigatsu
Mei = Gogatsu
Juni = Rokugatsu
Juli = Nanagatsu
Agustus = Hachigatsu
September = Kugatsu
Oktober = Juugatsu
November = Juuichigatsu
Desember = Juunigatsu

Bulan = getsu
Bulan lalu = Sengetsu
Bulan depan = Raigetsu

Hmmmmm, sekian yang gw ketahui tentang bahasa nihon. 
Oiyaa gw lupa, hahaa.
Kata-kata yang sering digunakan para anime yaitu, dibawah ini :
Uso Jyanai : Jangan bohong! 
Gakkari sasenai de : Jangan buat saya kecewa 
Uso tsuki : Tukang bohong 
Ji gou ji toku : Sukurin 
Jibun na sei da : Salah sendiri
Anata no katte da : Terserah kamu deh
Nan dayo? : Apa kamu? 
Chikishou : Bangsat / Bajingan 
Kuso! : Sial! 
Damare! : Diam! 
Bakatare : Dasar bego 
Boke nasu : Dongo 
Omae wa kankei nai darou : Bukan urusanmu 
Nani sama no tsumori : Kamu pikir kamu siapa?
Wakatta : Oke, mengerti
Souka : Ohh begitu
Sukini shiro : Terserah elu deh

Daaaaahhhhhhhh, segitu dulu ajeyee. Soalnya cuma segitu yang gw dapet dari blog sebelah =D.
Atas perhatiannya, gw ucapin Arigatou gozaimasuuu!! Gw harap blog gw bermanfaat buat lu pada :v
Mata ashitaaaa!